Monday, April 1, 2013

Eksperimen Agak Gagal I

           Hmmm, sebenernya eksperimen makanan ini udah lama bgt, gw lakuin sebelum gw ngekos di Yogyakarta dan setelah gw keluar dari kosan Jatinangor. Lebih tepatnya gw lakuin ketika gw berada di rumah gw tercinta di Bandung, tepatnya pinggiran Bandung, atau lebih tepatnya lagi perbatasan Bandung dan Cimahi. Otak gw emang kadang-kadang suka mencoba hal-hal baru dari yang normal sampe yang aneh. Hahaha... eksperimen aneh, makannya gw tulis di Judulnya "Eksperimen Agak Gagal" karena sebenernya eksperimen pembuatan makanan ini gak begitu berhasil-berhasil amat dan juga ga gagal-gagal amat, paling ngga masih bisa dicicipi dan dimakan sampai habis men. Dan ohya, ekperimen ini adalah eksperimen yang tertunda sejak lama, sejak gw ngekos di Jatinangor. Karena gw bosen bgt dengan makanan - makanan yang ada di sekitar kosan, itu-itu saja. Akhirnya, gw mencoba untuk berinisiatif membuat makanan ajaib buatan gw, hahahaha Like A Cooking Master, Man (Biasa kalo cowok bikin Makanan atau masak rasanya jago banget, padahal kaya sempak hasilnya, hahahaha). Tadinya gw mau masak ini masakan di MagicJar Rice cooker sejak di kosan, tapi gak sempet, jadi ya udah deh gw buatnya pake panci dan kompor gas di rumah aja, hahaha (alasan gak mau repot).

            Aanndd this is step by step of my nasty food...

          Jadi sebenernya gw cuma pengen makan mi goreng, tapi karena gw bosen dengan rasanya yang itu - itu aja, jadi gw mencoba untuk bereksperimen dengan menggabungkan dua rasa dari Indomie Mie Goreng. Siapa sih yang gak suka Mi Goreng? Gw tampol lu! Bahkan orang luar negri sangat tergila-gila dengan makanan mendadak miskin ini, coba aja cek di Youtube. Karena saat itu yang lagi ngetrend - ngetrendnya adalah mi goreng rasa Rendang padahal ga ada rendangnya, dan mi goreng rasa sambal ijo padahal ga ada sambal nya, jadi gw coba untuk menggabungkan kedua rasa itu dengan brutal. Dowewewenggg.. gak kebayang kan gan rasanya, oke kalo gitu langsung cekibrot aja nih eksperimen mustahil gw.

1. First..
   Lu harus percaya diri dengan eksperimen yang akan lu buat atau lu kerjakan. Kalo lu gak pede, hasilnya akan lebih sempak dari yang lu bayangkan, mungkin saja makanan itu sampai tidak bisa dimakan atau lu bisa jijik sendiri dengan makanan yang lu buat hahaha. Oke malah ngalor ngidul nganan ngiri, back to the topic, pertama lu siapin apa aja yang dibutuhin, yaitu mi goreng rasa rendang yang masih fresh dibungkusin pake warna ungu dan mi goreng rasa sambal ijo yang dibungkusin warna ijo, awas palsu di terawang dulu gan! 
And here's i gave you some pics..

gw ralat, ternyata namanya cabe ijo

2. Second...
  Kedua, apa yang biasanya lu lakukan setelah menemukan kedua benda sakral saat akhir bulan tersebut? merobeknya, mengoyaknya dengan gigi sampai hancur? Gw pikir itu bukan cara yang baik. Buka perlahan-perlahan bungkusnya, jangan terburu- buru menggunakan nafsu, karena mi goreng tidak senang dengan perlakuan seperti itu, dia punya perasaan yang lembut, seperti mi yang kelamaan direbus, jadi njlemek. Oke, gw gak tau lu biasanya langsung merebus mi nya di dalam air mendidih njebluk2 di panci atau menabur bumbunya dulu di mangkok setelah membuka bungkus mi nya. Yang gw lakukan kemarin adalah menabur bumbu-bumbu dari kedua mi goreng yang telah gw buka bungkusnya bersama nenen bengeknya, yaitu cabe, sambal, bawang goreng, minyak, bumbu rendang kental, dan bumbu cabe ijo kental, dan kecap (keseringan sampe apal).
Here's again i gave you the pic for more details..

Yeah, seperti pulau yang dikelilingi lautan cabe dan kecap rendang

3. Third
    Bagian ini adalah paling penting, yaitu bagian memanaskan air hingga mendidih, hati - hati jauhkan dari anak - anak, minta bantuan orang tua bila perlu, atau kakek nenek anda bila sangat terdesak. Kenapa gw bilang penting? sebenernya gak penting-penting banget sih. Jadi, gw cuma mengingatkan supaya lebih efisien memanaskan air sampai mendidih dalam memasak mi goreng, apalagi dengan kompor yang panasnya lama banget sampe jaman batu tiba lagi. Setelah lu berniat untuk membuat mi goreng, jangan langsung membuka bungkus mi goreng dan menabur bumbunya dalam mangkok atau sebagainya. Tapi, ambil dulu air jernih apapun kecuali air comberan untuk merebus mi goreng dan panaskan air hingga mendidih 373 derajat Kelvin. Dengan begini lu bisa nunggu air panas hingga mendidih sambil beraktifitas yang lain seperti jogging, skotjam, pushup. oh! salah, maksud gw sambil membuka bungkus mi, menabur bumbu - bumbu nya ke dalam mangkok. Coba bayangkan bila lu memanaskan air belakangan, lu bakal mati gaya men nungguin air sampe mendidih! karena ga ada kerjaan. Haha. Setelah itu, baru masukkan mi yang sudah telanjang ke dalam air yang telah mendidih.
Oke karena gak ada picnya, gw gambar manual aja di paint, here is the pic..

Apinya kebakaran jenggot.

4. Fourth
    Kalo bagian ini bagian yang paling hati-hati. Karena lu akan bermain dengan api yang bergairah dan si air mendidih yang liar. Ya, hati-hati. Di sini kita akan mati gaya lagi, nungguin mie nya sampe lembek gak keras dan layak untuk dimakan (sebenernya ga dimasak juga layak dimakan, tinggal di bumbuin kayak Anak Mas jaman '90an). Mungkin di sini kalian ada yang sambil bermain HP, nonton TV, lari di tempat, push up, atau bahkan ketiduran sampe airnya asat dan mie nya gosong. Jangan sampai ya teman, kata nenek itu berbahaya. Nanti rumah lu bisa kobong gan! Okeh, setelah kita menyibukkan diri sampai mie nya matang, lembek tapi jangan terlalu lembek, lalu angkat pancinya dari si kompor maut dan tiriskan air mendidihnya menggunakan saringan ber-kisi sangat kecil agar mie nya ga ikut kesaring. Bagi yang nubi, biar gw jelaskan dengan gambar - gambar tidak senonoh berikut..

ini si api panas bergairah.. ohyes. Whoosss..
ini si air liar mendidih dengan girangnya..
Dan ini bila disatukan..
.......................................
ini simulasi mie setelah air mendidihnya ditiriskan
yang siap dibuang ke dalam mangkok berisi bumbu kenikmatan.

5. Fifth
    Nah langkah ini sudah hampir mencapai puncak klimaks kenikmatan yang tak terbayangkan. Setalah melihat pic terkahir di atas, tumpahkan mie nya ke lantai dalam mangkok dan kocok-kocok, atau lebih tepatnya aduk mi nya sampai bumbu-bumbunya merata pada seluruh mie yang ada di dalam mangkok. Aduk dengan perlahan dan jangan menggunakan nafsu, karena bisa tumpeh-tumpeh mie nya. Sepertinya gak perlu panjang lebar gw menjabarkan langkah kelima ini, langsung aja cekibrot lihat picnya setelah diaduk hingga merata..

 Yiiihhaaaa, mie goreng double rasa udah sukses gw buat
silahkan dicoba dan cicipi kenikmatan yang tiada tara.

Jika lu masih bosan dengan rasa yang begini - begini saja, 
lu bisa menambahkan topping di atas mie goreng yang telah lu buat.
Begini hasilnya...

Gw meggunakan sample topping keju yang sudah diparut
Hmm yummy, rasanya sampah nikmat menggugah selera..

             Fiuhh, lelah juga membuat postingan tidak berguna seperti ini. Akhirnya selesai juga. Andd this is it! Eksperimen makanan nikmat ala gw. Eksperimen ini sangat berguna banget bagi lu lu yang ngekos dan di saat akhir bulan, "kantong lipet" lu berdebu.. bisa mencoba ekperimen ini dengan rasa yang berbeda dan topping yang bermacam-macam.

             Oke, seri eksperimen agak gagal lainya akan gw post setelah mencoba hal-hal absurd lainnya. See ya!



-written @KosanKaliurang
   



No comments :

Post a Comment